Keindahan Geoforest Watu Payung

Berbicara tentang liburan, tidak akan lepas dari obyek wisata. Dan tidak ketinggalan juga untuk berfoto ria. Yogyakarta ini sudah sangat terkenal dengan beragam pariwisatanya. Dimulai dari gunung hingga pantai, Kota Yogya memilikinya. Dan keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Di zaman sekarang foto sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Maka dari itu pengelola obyek wisata menyediakan spot foto yang epik guna menarik wisatawan.

Seperti contohnya, Di hutan pinus Kragilan maupun Pengger spot fotonya sangan terkenal dan memang menjadikan andalan para pengunjung. Selain Kragilan dan Pengger ternyata di wilayah Gunung Kidul juga ada wisata semacam itu. Namanya Geoforest Watu Payung

Dikenal dengan sebutan Watu Payung dikarenakan memang ditempat itu terdapat sebuah batu yang bentuknya menyerupai sebuah payung. Lokasi watu payung ini berada di daerah perbukitan, wajar saja jika kita akan mendapatkan view yang indah, memandang pepohonan dari atas, juga udara segar dan bersih.

Selain menikmati panorama perbukitan yang mempesona, kamu bisa mendapatkan hasil foto keren. Dari karya Wisnu Ajitama yang membentuk Hasta Apsari dari legenda Jaka Tarup, yang menjadi spot foto andalan. Spot inilah yang menjadi daya tarik wisatawan, apalagi waktu pagi hari disaat matahari sedang mulai muncul dari ufuk timur.

Jika berkunjung kesini di pagi hari kamu bisa menikmati indahnya kabut layaknya negri diawan, datanglah pagi – pagi sebelum subuh jika ingin mendapatkan view yang sempurna. Sebagai saran berkunjunglah di saat peralihan musim penghujan ke kemarau, agar cuaca cerah serta pepohonan masih menghijau.

Dari atas akan nampak aliran sungai Oya dan sedikit view kota Yogya. Jika musim kemarau biasanya air sungai akan berkurang, jadi lebih indah jika kamu datang di musim peralihan, agar pemandangan lebih bagus.

Pastikan baterai ponselmu terisi penuh jika ingin mengabadikan moment liburanmu. Bagi kalian yang ingin pre wed disini rasanya tempat ini bisa menjadi pilihanmu. Dibantu fotografer yang berpengalam pasti akan menghasilkan foto – fotomu amat keren.

Fasilitas

Sebagai tempat wisata yang sudah ramai dikunjungi Goeforest Watu Payung ini sudah terbilang lengkap. Ada Gazebo untuk beristirahat, Toilet, Lahan parkir, Mushola bagi yang beragama muslim, serta warung yang menyediakan makanan ringan.

Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Lokasi Geoforest Watu Payung ini berada di Desa Turunan, Girisuka, Panggang, Gunung Kidul. Untuk tiketnya hanya membayar retribusi parkir saja, 2000 untuk motor, dan 5000 bagi yang menggunakan mobil.

Untuk menuju kesana ada dua rute yang bisa kamu ambil. Rute pertama dari Playen, arahkan kendaraanmu menuju ke arah Air Terjun Sri Gethuk. Pada pertigaan menuju Sri Gethuk, lanjutkan menuju Desa Banyusoca. Sampai  perempatan balai Desa Banyusoca, ambil arah kiri menuju Padukuhan Gedad. Lalu menuju Turunan sekitar 3 km. Watu Payung terletak di sebelah kanan jalan Gedad-Turunan ini.

Rute ke dua dari Siluk, Imogiri, Bantul, pilih jalan utama menuju Kecamatan Panggang. Setelah melewati kawasan SPN (Sekolah Polisi), kalian akan menemui pertigaan Bibal, ambil arah kekiri menuju Turunan. Sekitar 2 km dari pertigaan ini, tepatnya setelah Padukuhan Turunan, kalian akan mendapati obyek wisata Watu Payung ini di kiri jalan. Jika melewati rute ini tanjakan cukup ekstrim, gunakan kendaraan yang kondisinya prima ya.