Berwisata Dan Belajar Sejarah Di Benteng Vredeburg Yogyakarta

Indonesia dulu merupakan negara jajahan Belanda serta Jepang. Rakyat Indonesia dengan semangat membara bahu membahu melawan penjajah hingga akhirnya bangsa ini bisa merdeka. Untuk menghargai serta mengenang jasa para pahlawan maka dibangunlah museum. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan kita juga dapat belajar banyak tentang sejarah perjuangan dari museum yang ada.

Di Jogja banyak terdapat museum, salah satunya museum Benteng Vredeburg. Dulunya benteng ini dibangun oleh Sri Sultan atas permintaan kolonial Belanda. Belanda beralasan dibangunya benteng demi keamanan, namun nyatanya dipergunakan Belanda untuk mengawasi pergerakan rakyat dan aktifitas keraton.

Benteng ini mempunyai luas 2100m2. Benteng Vredeburg mempunya arsitektur bergaya Belanda, jadi jika berkunjung ke Benteng Vredeburg rasanya seperti memasuki bangunan ala-ala Eropa. Hingga kini benteng ini telah dilakukan beberapa kali pemugaran dengan tidak merubah keaslian bentuknya, dan pada akhirnya dijadikanlah sebuah museum.

Setelah memasuki kawasan museum terdapat beberapa bangunan lagi yang didalamnya terdapat diorama-diorama. Pada diorama 1 terdapat 11 minirama yang menggambarkan periode Pangeran Diponegoro sampai masa kependudukan Jepang di Indonesia.

Diorama 2 terdapat 19 mini rama yang menggambarkan sejarah proklamasi hingga agresi militer Belanda di Indonesia.

Diorama 3 terdapat 18 minirama yang menggambarkan sejak perjanjian Renville hingga pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat.

Diorama 4 terdapat 7 minirama menggambarkan peristiwa sejarah periode Negara Kesatuan Republik Indonesia sampai Orde Baru. Selain diorama juga terdapat ruang audio visual, ruang pertemuan, ruang perpustakaan, juga ruang tamu.

Saat memasuki ruangan di museum dan menyaksikan diorama rasanya seperti membawa kita ke masa dulu. Bagi anda yang memang suka sejarah tidak akan menyesal berkunjung kesini.

Diluar  maupun di dalam bangunan  museum ini bersih dan nyaman. Berwista ke Museum Benteng Vredeburg bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga.

 

Museum Benteng Vredeburg ini lokasinya tidak jauh dari Malioboro serta Keraton. Tepatnya di Jl. Jenderal A. Yani No.6 Yogyakarta.

Operasionalnya setiap hari Selasa – Kamis pukul 07.30 – 16.00 WIB, Jum’at – Minggu 07.30 – 16.30 WIB . Sedangkan untuk hari Senin Museum Benteng Vredeburg tutup.

Untuk hari libur nasional tetap buka kecuali hari libur Idul Fitri dan Idul Adha. Tiket masuk pengunjng dewasa 3rb dan anak-anak 2rb. Pengunjung rombongan minimum 20 orang diskon 20%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *